Reason

​"Everything in this world happen with a purpose. You are born in this world in a purpose, you are choosen by purpose." - Udai Yadla
Takdir. Nam​​anya takdir. Sekuat apapun berusaha, kalau memang bukan rezeki, belum akan tercapai. Begitu juga sebaliknya. Sekuat apapun menolak, kalau sudah rezeki, maka akan kembali. Karena semua yang terjadi pasti ada tujuannya, pasti ada alasannya.


***

Kamis, 16 Maret 2017 pukul 19.10, Ninoy Aquino International Airport.

"Where have you been?" tanya seorang petugas sambil berjalan begitu cepat. Kami mengikuti di belakangnya.

Petugas maskapai Philippine Airlines. Tubuhnya tinggi semampai, rambutnya diikat rapi dan ditutupi topi mini. Senyumnya tetap mengembang meski kami tahu dalam hati mungkin ia sedikit kesal lantaran kami terlambat. Meskipun sudah menjelaskan alasan kami terlambat, wanita berpostur tinggi itu tak mengurangi kecepatan langkah kakinya. Kami sudah benar-benar terlambat.

Masih dengan napas yang tersengal-sengal, saya dan tiga rekan memasuki pesawat. Semua penumpang sudah duduk di kursinya masing-masing. Hanya tinggal kami berempat, seorang bule (yang juga terlambat), dan beberapa pramugari yang masih berdiri.

Kami terlambat tiba di Manila. Pesawat yang kami tumpangi dari Davao menuju Manila delay sekitar 30 menit. Tentu saja ini berimbas pada penerbangan kami selanjutnya menuju Jakarta.

***

Jumat, 17 Maret 2017 pukul 00.05, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Naik ke atas, dari situ bisa naik shuttle ke terminal tiga," kata salah satu petugas bandara saat kami bertanya.

Lewat tengah malam di Jakarta. Setelah penerbangan selama kurang lebih empat jam, akhirnya kami menginjakkan kaki di Indonesia. Dari terminal dua, kami berpindah ke terminal tiga untuk menunggu penerbangan berikutnya menuju Solo.

***

Pulang. Akhirnya saya pulang. Tiga rekan seperjalanan pulang. Orang-orang di kelas bisnis pulang. Orang-orang di kelas ekonomi pun pulang. Ratusan penumpang lain dalam pesawat juga pulang. Pilot dan pramugari mengantar kami pulang.

Saya selesai dengan perjalanan ini, tugas ini, 'liburan' ini.

Karena semua yang terjadi pasti ada tujuannya, ada alasannya. Because everything in this world happen for a reason.

Comments

Popular Posts